Friday, March 30, 2012

PERBEDAAN SUNBLOCK DAN SUNCREEN



Bagi sebagian wanita, istilah sunblock dan suncreen pasti sudah tidak asing lagi.  Walaupun tak sedikit juga pria yang menggunakan nya. Akhir-akhir ini kesadaran manusia untuk melindungi kulit nya dari sinar matahari sudah makin tinggi.  Salah satunya dengan menggunakan sunblock atau suncreen ini. 

Sunblock atau suncren digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari.  Sunblock dan Suncreen kini sudah beragam produknya. Dari yang berbentuk krim, cair gel dan lainnya. Di supermarket dan gerai-gerai kecantikan, sunblock dan dan suncreen saat ini dapat kita temui dengan mudah. Sunblock dan Suncren sering disebut juga sebagai tabir surya.

Menurut kamusbesar.com yang dimaksud dengan tabir surya adalah ramuan (cairan dsb) untuk menghalangi pengaruh cahaya matahari yg merusak kulit.


Banyak yang menduga jika sunblock dan suncreen adalah produk yang sama. Sebenarnya sunblock dan suncreen ini memiliki perbedaan. Lantas apakah bedanya sunblock dan suncreen ini?

Berkenalan dengan suncreen dan sunblock


Sunblock 
Merujuk dari asal katanya sunblock artinya memblokir atau memantulkan sinar matahari atau sinar ultraviolet.  Jadi cara kerja sunblock adalah dengan memantulkan sinar matahari yang datang pada kulit.  Sunblock memberi perlindungan kepada kulit secara fisik dengan memantulkan sinar matahari.  Bahan utama  pada sunblock yang  umum antara lain Titanium Dioxide dan Zink Oxide. 


Suncreen
Suncreen, sesuai dengan nama nya artinya sebuah bahan yang berfungsi sebagai penyaring  atau filter.Cara kerja nya adalah dengan menyerap sebagian radiasi ultraviolet dan mengurangi radiasi yang berbahaya pada kulit.  Karena bahan yang digunakan ini menyerap pada kulit, maka suncreen digolongkan sebagai tabir surya chemical atau kimia.  Bahan-bahan yang sering dipakai dalam pembuatan suncreen antara lain adalah: poctylcrylene, avobenzone, octinoxate, octisalate, oxybenzone, homosalate, 4-MBC, dan  para-aminobenzoic acid (PABA).


Akan tetapi sekarang ini bahan tabir surya phisical dan chemical sering digabungkan dalam satu produk, sehingga istilah sunblock dan suncreen kini menjadi rancu.  


Jadi pilihan nya ada pada kita mau menggunakan sunblock atau suncreen yang murni atau gabungan dari keduanya.  Jika ingin menggunakan sunblock, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Pilihan sunblock yang ada di pasaran memang sangat beragam, jadi mungkin banyak yang bingung mau pakai produk yang mana.  Sebaik nya pelajari dulu bahan apa saja yang terkandung dalam suatu produk.  Teliti lebih jauh, apakah ada bahan dalam sunblock tersebut yang menimbulkan aleri pada kulit kita.

Apabila sudah menemukan sunblock yang cocok, sebaiknya jangan ganti ke produk lain.  


Daftar Pustaka:
www.kamusbesar.com

No comments:

Post a Comment