Wednesday, March 28, 2012

Bedak dan Manfaatnya

APA SIH BEDAK ITU?

Tiap wanita pasti kenal dengan benda yang satu ini.  Bagi wanita modern, yang namanya bedak sudah menjadi kebutuhan wajib.  Tak lengkap rasanya jika wajah tidak disempurnakan dengan sapuan bedak. Bahkan bayi saja selalu diberikan bedak orang tuanya agar penampilannya fresh, segar dan harum.

Bedak, menurut website kamus besar, adalah serbuk halus untuk mempercantik muka atau untuk obat kulit atau pupur.
Penggunaan bedak memiliki fungsi yang bermacam-macam, tergantung pemakaiannya.  ada yang untuk menyempurnakan warna kulit, mengurangi produksi minyak, menyegarkan penampilan,bahkan ada juga bedak yang dhikususkan untuk pengobatan seperti bedak gatal dan bedak jerawat.

Bahan Pembuat Bedak
Umumnya bedak memiliki komposisi bermacam-macam.Namun bedak yang dipakai di muka harus memiliki kandungan yang aman pada wajah. Apalagi jika bedak diproduksi secara komersial, maka kandungan yang terdapat dalam bedak harus melewati serangkaian ujian dan mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bahan yang umum digunakan pada bedak antara lain: talk, kaolin,kalsium karbonat,magnesium karbonat, pati beras, logam stearat, silika,mica, bahan pewarna dan lain-lain.


Menurut usia penggunanya, bedak dibedakan menjadi:
  1. Bedak Bayi
  2. Bedak Dewasa


Bedak Bayi
Bedak ini diciptakan khusus untuk bayi dan anak-anak.  Formula nya telah diuji sedemekian rupa melalui serangkaian analisis, sehingga relatif aman digunakan pada bayi. Umumnya bedak bayi komposisi nya tidak macam-macam.  Hal ini mengingat kulit bayi yang sensitif.  Meskipun dikhususkan untuk bayi dan anak-anak, bedak ini boleh digunakan untuk kulit dewasa.  Bahkan banyak orang dewasa yang menggunakan produk bayi utuk kesehariannnya.  Hal ini dikarenakan produk untuk bayi relatif lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan yang berat dan umumnya sudah melalui tes iritasi.

Bedak untuk Kulit Dewasa
Bedak ini umunya digunakan sebagai tata rias untuk menyempurnakan penampilan wajah pada orang dewasa.


Berdasarkan jenisnya, bedak terdiri dari:
1. Bedak tabur
2. Bedak padat


Bedak Tabur (loose powder)
Bedak ini berbentuk serbuk atau butiran-  butiran.


Bedak padat (compact powder)
Bedak ini merupakan bedak tabur yang tleah dipress atau dipadatkan. Bedak ini sangat praktis untuk dibawa, karena tidak mudah tumpah.  Pemakaian nya juga lebih praktis, karena tidak ada serbuk yang akan bertaburan saat dipakai

  


No comments:

Post a Comment