Thursday, March 29, 2012

UMUR KADALUARSA KOSMETIK

Kebayang ngga sih apa jadinya jika kita menyantap makanan yang kadaluarsa?  Tentu hal ini akan mengganggu kesehatan kita, bahkan yang lebih fatal bisa menyebabkan kematian.

Sebenarnya bukan hanya makanan saja yang memiliki waktu kadaluarsa.  Kosmetik yang kita pakai pun juga memiliki masa kadaluarsa.  Kosmetik yang sudah tidak layak pakai atau kadaluarsa juga dapat mengganggu kesehatan, utamanya kesehatan kulit.

Ciri-ciri kosmetik yang sudah kadaluarsa antara lain:
1.     Warnanya sudah berubah.
Perubahan warna ini bisa berubah menjadi lebih keruh, memudar atau menjadi lebih muda.
2.     Timbul bintik-bintik coklat atau putih
3.     Tumbuh  jamur
4.     Jika dioleskan ke kulit menimbulkan rasa paanas
5.     Jika terkena kulit menyebabkan kulit teriritasi
6.     Baunya menjadi lebih

 Berikut ini umur kadaluarsa beberapa kosmetik yang sering kita pakai:
1.     Lipstik
Umur lipstik kurang lebih adalah satu tahun.  Jika lipstik kesayangan kita umurnya sudah lebih dari satu tahun, sebaiknya segera dipensiunkan.  Kadang sayang membuang-buang barang kesayangan, apalagi jika harganya cukup mahal.  Tetapi kesehatan bibir kita jauh lebih penting dari apapun.  Selain dilihat dari umurnya, dapat juga dilihat dari ciri-ciri fisiknya seperti munculnya binti-bintik air atau berjamur. Meskipun umurnya kurang dari satu tahun, tanda-tanda tersebut bisa saja muncul pada lipstik yang kita miliki. Hal ini bisa terjadi karena penyimpanan lipstik yang kurang baik atau karena telah terkontaminasi oleh kotoran.
2.     Alas Bedak
Alas bedak dapat dipakai selama 6 bulan.  Tanda fisiknya adalah segera buang alas bedak yang anda miliki jika telah menggumpal dan konsistensinya telah berubah.
3.     Eyeshadow
Umur untuk produk perona mata ini kurang lebih adalah 6 bulan. Apabila eyeshadow yang kita miliki, bau dan warna nya sudah berubah, jangan ragu untuk segera membuangnya.
4.     Maskara
Maskara memiliki masa pemakaian selama 6 bulan. 
5.     Kuteks
Kuteks kesayangan kita dapat kita pakai selama satu tahun.
6.     Concealer
Produk yang satu ini dapat bertahan selama satu tahun.
7.     Blush On
Blush on dapat disimpan dalam tas kosmetiki kita selama 6 bulan.

Tips untuk menghindari kosmetik yang kadaluarsa
 Simpanlah kosmetik secara baik dan benar 
Hal ini sangat penting karena kosmetik yang tidak baik dalam penyimpanannya dapat memperpendek     umur pakainya. 
  
 Beri tanggal pada  kosmetik yang baru kita buka
Dengan memberi label pada kosmetik yang kita pakai membuat kita jadi tahu sudah berapa lama kita menggunakan barang tersebut. 

Telitilah tanggal pembuatan kosmetik sebelum membeli nya
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tanggal pembuatan kosmetik. Jangan sampai kita membeli kosmetik yang sudah kadaluarsa dari pabriknya. Umumnya produk kosmetik mencantumkan tanggal pembuatan atau manufactured date nya biasanya menggunakan kode mfd/mfg. Kadang ada produsen yang mencantumkan tanggal kadaluarsanya (expired) biasa nya menggunakan kode exp. Apabila yang tercantum adalah tanggal pembuatannya, maka kita harus memperkirakan kapan masa kadaluarsa nya.  Umumnya produk kosmetik memiliki umur simpan selama 2 tahun.





No comments:

Post a Comment